Bekerja adalah suatu kewajiban untuk seseorang yang sudah dewasa. Bekerja di suatu kantor, pabrik, lembaga keuangan, lembaga kesehatan, lembaga pendidikan dan tempat lainnya. Tujuan seseorang bekerja ini adalah untuk mendapatkan penghasilan atau uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari hari. Orang yang bekerja saja kadang masih kekurangan atau kesulitan untuk memunuhi kebutuhan hidupnya, apalagi yang tideak bekerja sama sekali. Gaji atau penghasilan sebulan saja kadang hanya cukup untuk beberapa minggu saja jika gaji seseorang itu kecil. Kebutuhan sebulan belum terpenuhi tapi uang sudah habis, tak jarang orang tersebut akan berhutang untuk memenuhi kebutuhannya itu. Sehingga saat gajian uangnya harus terpotong untuk membayar utangnya yang kemarin, sehingga untuk memenuhi kebutuhan sebulan lagi tidak cukup dan harus menghutang kembali dan begitu seterusnya. Tak jarang dalam sebuah keluarga jika keadaan ekonomi suaminya tidak mencukupi maka seorang istri pun ikut bekerja untuk membantu perekonomian keluarganya. Namun jika seorang ibu ikut bekerja maka kelebihan dan kelemahan apa yang akan ditimbulkan untuk anak dan keluarganya. Kelebihan dan kelemahan seorang ibu dalam sebuah keluarga yang bekerja yaitu :

  1. Kelebihan

Jika seorang ibu dalam sebuah keluarga ikut bekerja maka otomatis penghasilan si ibu dapat membantu perekonomian suaminya. Segala kebutuhan anak dan keluarganya akan terpenuhi dan bahkan mungkin mereka tidak akan kekurangan lagi dan akan terhindar dari resiko berhutang. Atau jika suatu saat anak kita sedang sangat membutuhkan uang untuk keperluan sekolah atau misal untuk biaya berobat ketika sakit maka jika ayah sedang tidak ada uang maka ibu yang akanĀ  membiayai keperluan anaknya itu. Seorang ibu yang bekerja akan terlatih hidup mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidup anak dan keluarganya. Saya bukan mau mengharapkan yang buruk, hanya saja kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan seorang ibu di esok hari. Misal saat kita harus dihadapkan dengan kenyataan harus berpisah atau bercerai dengan suami atau bahkan misal kita ditinggal mati suami. Seorang wanita yang bekerja sudah menjadi wanita mandiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

  1. Kelemahan

Seorang ibu yang bekerja mungkin tidak dapat mengasuh secara eksklusif anak anaknya. Tidak bisa melihat perkembangan tumbuh kembang anaknya. Dan mungkin waktu untuk bertemu dengan anak dan keluarganya itu terbatas sehingga komunikasi dengan keluarganya juga menjadi sebentar. Mereka bertemu anak anaknya sesudah mereka pulang kerja di sore hari atau jika lembur baru bisa bertemu pas malam hari. Pas sampai di rumah pada malam hari karena lembur si anak sudah tertidur. Atau si anak masih terbangun dan menunggu si ibu, si ibunya yang kecapean dan langsung tertidur. Sehingga intensitas untuk sekedar mengobrol saja menjadi sangat sulit. Tak jarang hal ini menyebabkan anak merasa kurang perhatian dan kasih sayang sehingga mencari hiburan di luar rumah untuk mengatasi kesepiannya itu.

Seorang ibu yang bekerja hendaknya bisa membagi waktu dengan baik antara pekerjaan dan keluarganya. Sehingga anak dan keluarga tidak merasa kurang perhatian dan kasih sayang meski ibunya bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *