Anak memang pada umumnya senangnya hanya bermain main saja dan malas untuk belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah. Tak jarang banyak orang tua yang bingung menghadapi situasi seperti ini. Banyak orang tua khususnya ibu yang tak bisa menahan amarahnya lantaran kesal anaknya malas untuk belajar. Tak sedikit orang tua yang menggunakan kekerasan fisik agar anaknya mau belajar. Tapi jika orang tua menggunakan kekerasan fisik, efek yang ditimbulkan adalah anak bukannya mau belajar tapi malah efek negatif yang banyak ditimbulkan dari kekerasan fisik terhadap anak itu. Biasanya anak yang mengalami kekerasan fisik ini akan berontak atau melawan kepada orang tuanya. Atau bahkan mungkin malah ada yang jadi takut dan yang lebih parahnya lagi ada yang depresi karena tertekan. Namun kita juga tida harus meyalahkan sepenuhnya pada anak kita. Karena banyak faktor yang meyebabkan seorang anak malas atau tidak mau belajar. Lalu sebagai orang tua apa yang harus dilakukan agar anak mau belajar dan mengerjakan pekerjaan rumahnya. 2 hal yang harus dilakukan oleh orang tua yaitu :

  1. Konsultasi Psikologis

Tak sedikit orang tua yang tidak mau menerima atau mengerti kekurangan dari anaknya. Setiap orang tua itu idealnya menginginkan anak yang pintar dan mudah mengerti jika diajarkan. Namun jika kedapatan punya anak yang lambat belajar maka orang tua yang tidak mengerti akan kekurangan anaknya akan memaksakan anaknya agar bisa seperti teman teman nya yang lain. Banyak faktor yang menyebabkan seorang anak itu malas atau tidak mau belajar. Selain anaknya yang malas mungkin ada faktor lain yang menyebabkan anak tidak mau belajar. Sebagai orang tua sebaiknya kita konsultasikan dulu psikologis anak kita kepada psikolog sehingga nantinya kita dapat solusi terbaik dari permasalahan anak kita. Jangan sampai kita menggunakan kekerasan fisik kepada anak kita sebelum tahu apa yang sebenarnya diperlukan anak kita.

  1. Dimasukkan Ke Lembaga Bimbingan Belajar

Ketidaknyamanan anak belajar di rumah bisa menjadi salah satu faktor penyebab anak tidak mau belajar. Misal cara kita yang tidak tepat untuk mengajar sehingga anak sangat sulit untuk mengerti. Kadang kita harus mengerti kekurangan anak kita, sebagai contoh ada anak yang membutuhkan tekhnik pengajaran yang khusus sehingga hanya orang yang berketerampilan khusus saja yang mampu membuat anak kita mengerti saat diajarkan. Kadang ada anak yang tidak begitu nurut saat diajarkan oleh orang tuanya, namun jika diajarkan oleh orang lain ada perasaan malu sehingga menurut saat diajarkan dan bahkan mudah mengerti.

Sebagai orang tua sebaiknya kita harus mengerti akan kekurangan mereka dan jangan terlalu memaksakan. Melakukan yang terbaik untuk anak memang harus tapi dengan cara yang terbaik juga jangan sampai dengan kekerasan fisik agar anak mau belajar dan mengerti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *