Dummy

Membiasakan anak melakukan pekerjaan rumah sejak dini ternyata banyak manfaatnya. Tak hanya membuat pekerjaan Anda menjadi ringan, kebiasaan ini ternyata juga bermanfaat bagi mereka seperti yang ada di bawah ini. Lagipula, bukankah sebenarnya pekerjaan rumah tangga adalah tanggung jawab seluruh anggota keluarga? Termasuk si kecil?

Anda tak perlu melarang mereka melakukannya karena takut nanti mereka kotor ataupun lelah. Ada shampoo anak, body cologne, dan sabun dari DOREMI Thomas & Friends yang akan mengatasi masalah tersebut. Dengan wangi buah-buahan yang dimiliki, DOREMI membuat anak Anda akan selalu segar. Selain itu lewat  #GreatAdventureAwaits dari DOREMI, mereka bisa tetap beraktivitas meski kotor.

  1. Anak Bisa Lebih Bertanggung Jawab

Manfaat yang bisa didapat anak dengan membantu melakukan pekerjaan rumah tangga salah satunya adalah membuat mereka lebih bertanggung jawab. Misalnya dengan Anda meminta si kecil membantu menyapu halaman. Meski awalnya mereka mungkin menolak, tapi dengan memberi pengertian akan pentingnya menyapu halaman mereka akan mau melakukannya.

Anak akan mengerti tanggung jawabnya menjaga kebersihan bila Anda berhasil memberikan pengertian pada mereka tentang pentingnya menyapu halaman atau menyapu areal lainnya di rumah. Nilai-nilai seperti ini nantinya akan membentuk pribadinya menjadi lebih bertanggung jawab terkhusus untuk kehidupannya sehari-hari.

  1. Kemampuan Motorik yang Meningkat

Dikutip dari lifehack.org, dengan mengajak si kecil terlibat dalam kegiatan membersihkan rumah dan pekerjaan rumah lainnya bisa melatih kemampuan motorik kasar si kecil. Kemampuan motorik kasar yang berkembang ini juga berpengaruh pada kemampuan mental anak yang menuju ke arah lebih baik saat dia diberi tugas dan mampu menyelesaikannya.

Bahkan, bila sudah terbiasa, mereka tak perlu disuruh lagi. Hal ini bisa jadi kebiasaan mereka sehari-hari dan bila tidak melakukannya mereka malah tak puas. Kemampuan motorik yang berkembang juga bisa membuat pribadi anak menjadi lebih mandiri dan percaya diri karena mendapat kepuasan tersendiri saat berhasil melakukan sebuah pekerjaan dengan baik.

  1. Memaksimalkan Perkembangan Otak

Kegiatan membersihkan rumah dengan melibatkan si kecil ternyata juga bermanfaat untuk memaksimalkan perkembangan otaknya, lho! Itu dikarenakan kegiatan membersihkan rumah melibatkan gerakan tubuh yang aktif yang akan membantu otaknya bekerja lebih keras namun dalam batas yang wajar.

Kemampuan otak bekerja lebih keras karena kegiatan yang aktif ini membuat si kecil mampu meningkatkan kemampuan membaca dan menulisnya. Wah, hebat sekali, kan? Hanya dengan membantu membersihkan rumah, anak Anda juga bisa jadi lebih pintar!

  1. Melatih Empati

Agar si kecil tidak tumbuh dengan pribadi yang memiliki sifat egois dan apatis, membantu pekerjaan rumah tangga bisa jadi solusinya. Rasa empati bisa dibentuk sejak dini karena terbiasa membantu pekerjaan Anda di rumah. Bila nanti mereka berada di tempat lain, mereka juga tak akan sungkan membantu siapa pun yang membutuhkan karena terbiasa.

Namun, sebaiknya libatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah yang ringan terlebih dulu seperti menyapu halaman atau menyapu kamar mereka. Bisa juga dengan membereskan mainan mereka sendiri. Jangan buat mereka merasa terbebani dan sebisa mungkin ciptakan suasana yang menyenangkan setelahnya semisal Anda memuji hasil pekerjaan mereka.

Tak perlu takut mereka bau keringat bila membantu pekerjaan Anda. Mereka bisa tetap segar dan wangi dengan varian dari DOREMI Thomas & Friends. Ada shampo dan kondisioner, mist cologne, serta body wash yang akan selalu menjaga kesegaran mereka. Biarkan mereka terbiasa dengan kebiasaan baik sejak kecil tanpa harus dibatasi, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *