Alat transportasi merupakan alat yang digunakan oleh seseorang untuk menempuh suatu perjalanan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Alat transportasi ini ada yng digerakan oleh mesin dan manual atau yang digerakkan oleh manusia. Alat transportasi yang digerakkan oleh mesin seperti kendaraan bermotor (mobil dan motor). Sedangkan yang secara manual atau digerakkan dengan menggunakan energi manusia yaitu ada sepeda dan becak. Sifatnya juga ada transportasi yang bersifat umum seperti angkot (angkutan umum), taksi, bus, becak, dan lainnya. Juga alat transportasi yang bersifat pribadi yang tentunya kendaraan bermotor milik pribadi. Dulu ada 3 jenis alat transportasi umum dengan bentuk yang khas dan dengan beroda 3 yaitu :

  1. Bemo

Mobil ini bagian depannya agak monyong ke depan dan rodanya ada 3. Itulah yang menjadi ciri khas dari kendaraan bermotor ini. Saat saya masih duduk dibangku SD di tahun 90 an saya sering naik bemo ini untuk berangkat ke sekolah. Dan pintu naik penumpangnya itu dari belakang itu ciri yang saya ingat dari bemo ini.

  1. Bajaj

Bajaj ini alat transportasi umum khas kota Jakarta karena di kota lain tidak ada yang namanya bajaj ini. Sehingga sekitar tahun 2000 an muncul sinetron dengan nuansa betawi yaitu “Bajaj Bajuri”. Warna orange merupakan warna khas dari bajaj ini. Namun karena ukurannya kecil sehingga bajaj ini hanya cukup ditumpangi oleh 2 orang saja.

  1. Oplet

Oplet juga alat transportasi khas betawi. Bentuknya hampir seperti bemo tapi agak berbeda dan oplet ini ukurannya lebih besar dari bemo sehingga dapat memuat penumpang lebih banyak daripada bajaj dan bemo. Saya pernah melihat oplet ini di sebuah sinetron betawi juga yaitu “ Si Doel Anak Sekolahan” yang diperankan oleh H Rano Karno.

Bemo dan oplet mungkin sudah susah untuk kita dapat melihatnya lagi karena sudah langka. Tapi bajaj masih bisa kita lihat bila kita mengunjungi Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *